50 Persen Pengguna Internet Indonesia Dari Warung Internet

Posted: Desember 16, 2009 in Iseng2

Asosiasi Warung Internet (AWARI) menilai 50 persen pengguna internet di Indonesia berasal dari Warung Internet. Hal itu disebabkan, jumlah penetrasi PC di Indonesia masih kurang dari lima persen. Sedangkan jumlah pengakses internet di Indonesia mencapai 25 juta atau 10, 4 persen.

“Dengan kata lain, pengakses internet bukan mengakses dari PC pribadi namun dari tempat-tempat umum, keadaan ini menyebabkan peluang tumbuhnya warung internet semakin cepat,” ujar ketua umum Awari, Irwin Day saat acara penandatanganan kerjasama Awari dengan Microsoft untuk Menciptakan Warnet sehat dan aman di Hongkong Cafe, Menteng, Jakarta, Senin (14/12/2009).

Warnet, lanjut Irwin, sangat berperan untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan kebutuhan akses internet dan berperan mempersempit kesenjangan digital.

Menjamurnya bisnis warnet menyebabkan tingginya persaingan antar Warnet. Para pemilik Warnet harus bersaing ketat dan mendapatkan keuntungan yang sangat tipis. Oleh karena itu, Awari selaku asosiasi yang menaungi bisnis warnet menggandeng semua pihak termasuk Microsoft untuk mendukung tumbuh kembangnya industri ini secara sehat.

Ditambahkan Irwin, peluang bisnis warnet dapat memberikan efek yang luas bagi masyarakat.

“Semakin banyaknya warnet hingga ke pelosok daerah berarti memberikan akses informasi yang lebih luas bagi masyarakat, namun harus diingat bisnis ini harus sehat dan aman. Fondasi yang baik sangat penting untuk menjadikan industri ini berkembag lebih cepat dan menciptakan masyarakat yang sadar informasi lebih banyak lagi,” kata Irwin.

Sejauh ini, Awari telah menempuh langkah-langkah sosialisasi kepada anggotanya berupa penyebaran buku panduan membangun warnet yang sehat. Selain itu, proyek lain yang diprakarsai Awari antara lain Nawala Project, sistem filtering internet berbasis DNS.

Ketika ditanya jumlah warnet di Indonesia, Irwin mengungkapkan, anggota Awari di seluruh Indonesia mencapai 800 orang yang mewakili sekira 2.400 warnet. Total warnet yang ada di Indonesia mencapai angka 20 ribu dengan rata-rata PC per warnet 10-12 unit.

“Mayoritas pengguna warnet adalah pelajar, pekerja, dan masyarakat umum,” kata Irwin. (okezone)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s