Presiden Nicolas Sarkozy Jegal Ambisi Google

Posted: Desember 9, 2009 in Iseng2

Ambisi Google memindai buku-buku dalam proyek perpustakaan digital raksasa, kembali mendapat serangan terbuka. Orang paling berkuasa di Perancis yakni Presiden Nicolas Sarkozy, berikrar tak akan membiarkan kekayaan sastra negerinya diambil begitu saja.

“Kami tak akan membiarkan kebudayaan kami dilucuti untuk keuntungan sebuah perusahaan besar, tak peduli perusahaan ini begitu bersahabat, begitu besar ataupun begitu Amerika,” tutur Sarkozy.

Rupanya, Perancis sudah punya proyek perpustakaan digital sendiri untuk karya sastra negeri itu. Sarkozy menegaskan, berbagai buku yang dihasilkan dari generasi ke generasi dalam bahasa Perancis tak akan diserahkan pada pihak lain.

Proyek perpustakaan digital Google memang di satu sisi dipuji karena memungkinkan akses luas pada buku-buku. Namun di sisi lain, proyek ambisius tersebut juga dikritik terkait masalah hak cipta para penulis.

Di pihak lain, Perdana Menteri Perancis Francois Fillon sejak bulan lalu juga sudah minta kalangan penerbit buku mencegah kerusakan yang mungkin terjadi akibat download ilegal. Pemerintahan Perancis mengusulkan pula agar Uni Eropa menyetujui proyek digitalisasi buku raksasa.

Memang antara Perancis dan Google kadang kurang akur. Bahkan di tahun 2005, pemimpn Perancis dan Jerman berencana membuat mesin cari internet bernama Quaero yang ditujukan untuk menumbangkan Google. Sayangnya, proyek ini sementara gagal karena kurang sokongan dana. (detik)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s