Minyak Nyamplong Buat Bahan Bakar Mobil Diluncurkan

Posted: Desember 7, 2009 in Iseng2

Menteri Kehutanan Zulkifli Hassan menyaksikan ujicoba penggunaan bio-diesel atau minyak diesel buah nyamplong di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Ahad (6/12). Sejumlah mobil milik Departemen Kehutanan yang diisi dengan minyak nyamplong terlihat berjalan dengan normal, bahkan nyaris tanpa emisi gas buang.

Ujicoba penggunaan bio-diesel dari buah nyamplong ini menandai diluncurkannya minyak diesel buah nyamplong kepada masyarakat. Pada kesempatan ini, Menhut menuangkan langsung biodiesel ke sejumlah mobil dinas Dephut yang dioperasikan di wilayah Jateng, seperti Kabupaten Purworejo, Kebumen dan Banyumas.

Menhut mengatakan, program biodiesel buah nyamplong ini sudah mulai dikembangkan sejak dua tahun lalu. Proyek biodiesel buah nyamplong ini digarap bersama antara Dephut, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral. Sementara rancang bangun mesin untuk pengolah buah nyamplong dikerjakan PT Tracon Industri.

Pilot projeck pengembangan biodiesel kini sudah berdiri di Desa Patutrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo dan Desa Ambal di Kebumen serta di Desa Buluagung, Banyuwangi, Jawa Timur. Masing-masing pilot project kini mampu memproduksi minyak diesel dari buah nyamplong sebanyak 250 liter per hari. (metrotvnews)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s