Walah.. Google Ciut Nyali Digertak Rupert Murdoch

Posted: Desember 4, 2009 in Iseng2

Gertakan Bos News Corp Rupert Murdoch akhirnya membuat ciut nyalli Google. Perusahaan mesin pencari dunia maya itu pun mengembangkan sebuah fitur baru untuk para publisher berita.

Omelan Murdoch kepada Google, yang dianggap memanjakan pengguna internet dengan memberikan akses berita gratis yang merugikan News Corp dijawab Google dengan fitur bernama ‘First Click’.

First Click merupakan program yang memungkinkan publisher untuk membatasi akses berita gratisan. Berkat program ini, pengguna internet tidak bisa mengakses lebih dari lima berita free setiap harinya.

“Kebanyakan publisher bertanya, apakah kami harus memberikan notifikasi berbayar di situs kami atau hanya membiarkan berita kami tetap berada di Google News dan Google Search? Kenyataannya, mereka bisa menggunakan dua hal tersebut secara bersamaan dengan program tersebut,” ujar Manajer Produk Bisnis di Google, Josh Cohen, seperti dikutip melalui Forbes, Jumat (4/12/2009).

Selain First Click, publisher juga dimungkinkan untuk memilih artikel-artikel yang layak atau tidak layak berada di Google News. Bagi Google, langkah ini tidak akan memberikan perbedaan yang terlalu signifikan, kecuali jika publisher yang mengabaikan Google News berada dalam jumlah yang cukup banyak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s