Nge-Blog dan Nge-Facebook Timbulkan Kegemaran Menulis

Posted: Desember 4, 2009 in Iseng2

Seorang psikolog anak dari National Literacy Trust, Inggris mengklaim, blog dan Facebook memiliki manfaat edukasi bagi anak dan remaja. Selain meningkatkan rasa percaya diri, kegiatan berinternet seperti blogging dan mengakses Facebook menimbulkan perilaku positif yang mendorong anak gemar menulis.

Tanya Byron dari National Literacy Trust mengemukakan hasil survei yang menyebutkan, anak-anak yang rajin nge-blog atau mengelola akun profil di situs jejaring sosial cenderung lebih gemar menulis. Dalam diri anak-anak itu pun akan tumbuh rasa percaya diri bahwa mereka bisa menulis dengan sangat baik.

National Literacy Trust melakukan survei terhadap 3.001 anak-anak di Inggris dan Skotlandia untuk mempelajari kebiasaan menulis pada anak-anak tersebut.

Hasil survei menemukan, ada 49 persen anak-anak muda menyebutkan menulis merupakan kegiatan yang membosankan. Sementara itu, 57 persen dari mereka yang menggunakan aplikasi web berbasis teks seperti blog, menyebutkan menikmati kegiatan menulis dengan menjadi blogger.

Persentase ini cukup signifikan jika dibandingkan dengan mereka yang tidak menjadi blogger, 40 persen anak-anak yang tidak menggunakan aplikasi berbasis teks menyebutkan mereka tidak suka menulis. Demikian keterangan yang dikutip dari Telegraph, Jumat (4/12/2009).

Mereka yang memiliki blog atau akun di situs jejaring sosial seperti Facebook pun nampak lebih percaya diri dalam kemampuan menulis mereka. Sebanyak 61 persen blogger dan 56 persen anak-anak pengakses Facebook mengklaim mereka memiliki kemampuan menulis yang baik, bahkan sangat baik. Sementara itu, 47 persen mereka yang tidak nge-blog dan bermain Facebook mengaku tidak pandai menulis. (okezone)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s