Diciptakan Antena All In One

Posted: Desember 4, 2009 in Iseng2

Antena kerap digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari telepon seluler hingga perangkat GPS. Kini, ilmuwan telah menciptakan antena dari bahan logam campuran yang bisa dibengkokkan, diregangkan, dipotong atau dililitkan.

Model antena baru ini dibuat dengan cara menginjeksi bahan campuran metal gallium dan indium ke dalam sebuah saluran yang sangat kecil, seukuran helai rambut manusia.

“Saluran ini seperti sebuah sedotan, namun bisa diubah menjadi bentuk apa saja,” kata Michael Dickey dari North Carolina State University (NCSU), seperti dikutip dari Big News Networks, Jumat (4/12/2009).

Sekali bahan logam campuran itu mengisi saluran tersebut, permukaan bahan campuran akan mengoksidasi, menciptakan ‘kulit’ yang menjaga bahan logam agar berada pada tempat tersebut sambil mempertahankan bahan cair.

“Proses ini menghasilkan antena yang fleksibel sehingga menjadikannya antena yang unik. Karena kita tahu bahwa frekuensi antena ditentukan oleh bentuknya. Dengan begitu, Anda bisa melekuk-lekukkan antena untuk mempermudah mencari frekuensi,” kata Dickey.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s