Ada Yang Baru Dari Desain Homepage Google

Posted: Desember 4, 2009 in Iseng2

Sekilas tidak ada yang baru dari desain homepage Google sekarang. Namun jika diperhatikan lebih seksama, ada fitur menarik yang ditambahkan Google pada homepage mereka.

Homepage Google kini menampilkan elemen pada laman tersebut dengan efek ‘fade in’, yang hanya akan muncul jika pengakses menggerakkan mouse.

Vice President of Search Product and User Experience Google Marisa Mayer, seperti dilansir Telegraph, Jumat (4/12/2009) menyebutkan, perubahan desain ini bertujuan untuk membuat homepage terlihat minimalis dan menghilangkan gangguan bagi para pengguna yang fokus melakukan pencarian.

Saat Anda mengakses Google, efek fade in pada homepage awalnya hanya akan menampilkan logo Google dan kotak pencarian, lengkap dengan tombol ‘Search’ dan ‘I’m Feeling Lucky’. Pada Google versi bahasa Indonesia tombol yang hadir di bawah kotak pencarian adalah ‘Telusuri dengan Google’ dan ‘Saya Lagi Beruntung’. Dalam kotak pencarian, sebuah kursor berkedip-kedip menandakan pengguna bisa mengetik langsung keyword pencarian mereka.

Ketika pengguna menggerakkan tetikus, barulah seluruh elemen homepage Google muncul. Deretan hyperlink yang biasa mengarahkan pengguna ke pencarian gambar, artikel berita, tautan berbelanja online dan portal iGoogle, tetap muncul di bagian atas homepage. Sementara di bawah kotak pencarian, seperti biasanya akan tampil tautan ke program iklan dan solusi bisnis.

Mayer menyebutkan pengguna web umumnya sangat menyenangi pendekatan minimalis yang membuat mereka tidak ribet saat mengunjungi sebuah web. Itu sebabnya Mayer yakin pengguna akan menghargai ‘kebersihan’ tampilan Google yang baru. (okezone)

Komentar
  1. dirgita mengatakan:

    Baru nyadar tentang hal itu. Maklum, biasanya langsung ngetik di kotak sebelah kanan atas Firefox.

    Sementara situs-situs lain berpenampilan kian moderat, Google memiliki pendekatan sendiri dengan wajah yang bersih^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s