YouTube Direct Bidik Citizen Journalist

Posted: November 22, 2009 in Iseng2

YouTube baru saja meluncurkan layanan baru. Harapannya, layanan itu mampu memberdayakan masyarakat maupun orang biasa untuk ambil bagian dalam pemberitaan suatu peristiwa melalui video dan berkompetisi dengan berita-berita utama.

Dinamakan YouTube Direct, layanan yang memungkinkan penggunanya untuk membagi konten berita dan mengumumkan hasil liputannya tersebut melalui video yang dikemas menjadi sebuah berita.

Untuk itu, administrator YouTube telah membenamkan semacam aplikasi berbasis web yang dikembangkan sendiri untuk memudahkan pengguna mengupload videonya di YouTube.

“API (application programming interface) kami kembangkan sendiri,” kata administrator YouTube pada blog resminya. “Aplikasi berstandar terbuka ini memungkinkan organisasi media atau kantor berita untuk membenamkan video embed YouTube Direct di dalam website mereka,” ucapnya.

Disebutkan, dengan aplikasi tersebut, pengguna juga bisa mengupload video secara langsung. Selanjutnya, hasil liputan masyarakat akan diseleksi oleh organisasi media untuk memilih video yang dinilai layak tampil di website mereka.

Inisiatif YouTube ini diharapkan mampu meningkatkan kontribusi dan memperluas siaran berita para jurnalis warga (citizen journalist) kepada masyarakat global. “Dengan adanya YouTube Direct, kami juga berharap adanya suguhan berita video yang lebih cepat tentang suatu peristiwa atau kejadian penting,” kata administrator YouTube Direct.

• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s