Google Tantang Microsoft dengan Pamer Chrome OS

Posted: November 22, 2009 in Iseng2

Untuk pertama kalinya, Google akhirnya memamerkan preview sistem operasinya, Chrome OS. Sistem operasi berbasis open source ini digadang-gadang bakal jadi lawan potensial bagi sistem operasi Windows dari Microsoft.

Namun tak seperti Windows, Google menyatakan Chrome OS adalah sistem operasi ideal untuk perangkat di luar komputer utama. Ini mengindikasikan Chrome OS ditujukan bagi perangkat komplementer, bukan untuk komputer primer user.

Dengan slogan ‘Speed, simplicity, security’, OS ini lebih seperti browser dengan fungsi luas dan bekerja di SSD (solid state drive) ketimbang di hard drive.

Chrome OS terutama didesain untuk memanjakan pengalaman berinternet user dengan cepat dan aman. Software ini rencananya tersedia pada tahun 2010 di produk netbook murah.

Netbook berbasis Chrome OS hanya akan mampu menjalankan aplikasi web, dan data user bakal disimpan otomatis di server. “Pada dasarnya, ini adalah sebuah mesin web browsing,” tukas analis Charlene Li dari Altimeter Group.

Sundar Pichai, Vice President of Product Managemet Chrome OS mengklaim komputer berbasis Chrome OS akan mampu langsung bekerja dalam waktu kurang dari 7 detik. “Kami ingin Chrome OS bekerja sangat cepat, seperti televisi, Anda menyalakannya dan bisa langsung menikmati aplikasi,” tukas Pichai.

Tak pelak, persaingan Google dan Microsoft bakal kian ‘brutal’. “Ini sungguh sebuah pertarungan maut antara Google dan Microsoft. Saya kira, pertarungan ini pada akhirnya justru akan menguntungkan semua orang,” ucap Jim McGregor, analis dari In-Stat.

Sumber : detik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s