Rupert Murdoch Gak Butuh Bantuan Google

Posted: November 21, 2009 in Iseng2

Ogah konten-konten yang dibuat jaringan perusahaan medianya diindeks Google, Rupert Murdoch pun bakal ambil eksyen. Pengusaha kawakan pemilik News Corporation itu punya rencana menghapus semua indeks kontennya dari hasil pencarian Google dalam waktu dekat.

Hal tersebut dikatakan Jonathan Miller, chief digital officer News Corp dalam Monaco Media Forum pekan lalu. Rencananya, semua konten yang dihasilkan dari media-media di bawah payung News Corp, seperti The Times, The Sun, dan Wall Street Journal akan dibersihkan dari mesin pengindeks Google dalam dua tahun ke depan.

Menurutnya, industri media tidak akan bertahan jika konten-konten berkualitas tinggi diberikan begitu saja secara cuma-cuma. Ia yakin, tanpa bantuan hasil pencarian Google, artikel-artikel buatan media-media News Corp bisa bertahan hidup dan mendapat tempat di hati pembaca.

“Trafik yang datang dari Google seringkali tak diinginkan pembaca sehingga langsung ditinggalkan. Hal seperti itulah yang malah merugikan bagi kami. Efek ekonominya tak sebesar yang diduga. Jadi, Anda bida hidup tanpa itu,” ujar Miller seperti dilansir situs Telegraph.

Miller menyatakan ada banyak pendekatan untuk menarik bayaran dari konten online dan hal seperti inilah yang terus dipikirkan News Corp. Sebelumnya, Murdoch sempat menyatakan bahwa News Corp berencana menerapkan tarif untuk mengakses semua artikel yang dibuat media di bawahnya mulai Juni mendatang. Namun, rencana tersebut kemungkinan diundur.

News Corp memang termasuk yang selama ini merasa dirugikan dari artikel-artikel yang muncul melalui mesin pencarian. Misalnya, artikel Wall Street Journal yang seharusnya berbayar jika diakses dari situsnya – hanya gratis untuk paragraf pertama – tapi ternyata bisa diakses penuh jika dari sebuah link hasil pencarian Google.

News Corp menegaskan akan menututp rapat jangkaun Google ke konten-kontennya dan mengajak industri-industri media untuk mengikuti langkahnya. Inilah yang disebut News Corp sebagai persaingan sesungguhnya antara kubu gratis dan berbayar. (kompas)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s