Layanan Google Street Kembali Di Tuntut

Posted: November 17, 2009 in Iseng2

Kontroversi kehadiran Google Street masih berlanjut, kendati layanan peta digital ini masih tetap dipertahankan Google. Alhasil negara seperti Swiss pun ikut-ikutan bakal melayangkan gugatan.

Komisi pengawas Swiss mengumumkan akan segera menuntut Google atas layanan Google Street ke pengadilan. Mereka menilai layanan tersebut telah melanggar hak privasi seseorang. Dalam tuntutannya nanti, lembaga itu menginginkan Google mengubah aplikasi di Google Street.

Dalam tuntutannya itu mereka menginginkan agar Google memastikan bahwa semua wajah dan pelat mobil dibuat kabur. Selain itu mereka juga menuntutut agar menghapus gambar dari area pribadi seperti taman dan jalan-jalan utama di Swiss.

“Banyak wajah dan plat nomor kendaraan harus di-blur untuk memberikan perlindungan data, terutama di mana orang yang bersangkutan akan ditampilkan di lokasi sensitif, misalnya di luar rumah sakit, penjara, atau sekolah,” kata Komisaris Hanspeter Thuer, seperti yang dikutip Yahoo Tech, Minggu (13/11/2009).

“Ketinggian kamera yang diambil Google juga bermasalah. Sebab pagar dan dinding yang sifatnya tertutup dan pribadi dengan mudah akan dilihat orang kebanyakan,” tambahnya.

Melihat tuntutan tersebut Google akan mematuhi semua kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah Swiss. “Kami percaya bahwa Google Street akan selalu taat hukum, termasuk juga di Swiss,” kata Matthias Meyer, juru bicara perusahaan.

Meyer mengatakan itu adalah pertama kalinya Google dituntut karena pelayanan itu, yang katanya sangat populer di Swiss, di mana puluhan juta gambar telah dilihat sejak Agustus silam.

Perusahaan yang berbasis di California itu pun telah mengusulkan lima langkah untuk meredakan kekhawatiran Thuer, dan berencana untuk mengubah versi baru dari software dengan meningkatkan tingkat blur pada mobil, dan wajah yang terekam. (okezone)

Komentar
  1. Blog info mengatakan:

    wah google ternyata canggih ya…..

    btw link sudah saya pasang nih….. mohon di linkback yah🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s