“Mim” Mikroblogging dari Yahoo Berbahasa Indonesia

Posted: November 12, 2009 in Iseng2

Situs mikroblogging Yahoo, yang mirip dengan Twitter, kini telah hadir dilengkapi dengan bahasa Indonesia. Yahoo Meme Indonesia kini bisa diakses di sini.

Setelah meluncurkan layanan mikroblogging di Brasil, China, Filipina, India dan Turki, Spanyol, Inggris dan Portugis, Yahoo pun meluncurkan layanan yang sama di Indonesia.

Secara global, Yahoo menamai situs mikroblogging itu dengan sebutan ‘meme’. Namun saat diserap ke dalam bahasa Indonesia, Meme Yahoo kini berubah menjadi Mim Yahoo.

Tampilan mikroblogging tersebut hampir mirip dengan Twitter. Dalam keterangan resminya, (Kamis (12/11/2009), Yahoo Mim disebut sebagai tempat untuk berbagi apa saja yang menarik.

“Kata ‘Meme’ di internet dikenal sebagai sesuatu yang menyebar dengan cepat dan menjadi perhatian semua orang,” ujar pihak Yahoo.

Istilah ini, lanjut mereka, diciptakan oleh Richard Dawkins dan diterbitkan dalam bukunya yang berjudul “The Selfish Gene” pada 1976. Kata tersebut mengacu pada suatu kepingan kecil dari budaya atau perilaku yang kemudian menduplikasi menjadi banyak di kalangan orang-orang, serupa dengan yang terjadi pada gen dalam bidang biologi.

“Kami menggunakan istilah tersebut sebagai interpretasi bebas dari makna ilmiah aslinya, namun intinya tetap sama. Dengan kata lain, memperbanyak dan mendistribusikan kepingan-kepingan informasi. Kepingan-kepingan ini, atau ‘meme’, beredar dari satu orang ke orang lain dan bertahan hidup berkat nilai-nilai atau kondisi mereka sendiri. Mereka berkembang, mengalami mutasi dan sebagian mungkin menjadi sangat terkenal,” papar Yahoo. (okezone)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s