Pembalap F1 Rubens Barrichelo Tuntut Google Rp 4 M

Posted: November 10, 2009 in Iseng2

Tuntutan bernilai ratusan ribu dollar ditujukan pada raksasa internet Google. Tuntutan ini bermula dari kasus yang dialami oleh pembalap F1, Rubens Barrichelo.

Google dinyatakan bersalah oleh pengadilan di San Paulo karena terbukti merugikan Barrichelo. Pembalap kelahiran Brasil ini berang karena muncul profil palsu yang mengatasnamakan dirinya di situs jejaring yang dimiliki dan dikelola Google, yaitu Orkut.

Akhirnya, Google terpaksa harus membayar US$ 500.000 atau lebih dari Rp 4 M. Angka sebesar ini bisa meningkat hingga US$ 700.000 karena kasus ini bergulir sejak Juli 2006 yang berarti Google harus membayar denda perharinya senilai US$ 590 sampai halaman palsu itu dihapus.

Dilansir detikINET dari IndiaTimes, Kamis (10/11/2009), Google terbukti bertanggungjawab karena menjadi pihak yang mengelola Orkut dan menerbitkan aturan di dalamnya. Spesialis dari Brazil berujar bahwa total kerugian itu adalah yang terbesar diberikan atas munculnya profil palsu di internet.

Sayang, Google masih tutup mulut akan putusan yang dijatuhkan pengadilan di atas.

Situs Orkut sendiri memang memiliki anggota yang cukup banyak di Brasil. Namun semenjak Facebook tersedia dalam bahasa Portugis, situs ini kehilangan sejumlah peminat. (detik)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s