GODAM, Cincin Sakti Supir Awang

Posted: November 10, 2009 in Iseng2

Berasal dari negeri antah berantah, mendarat di tubuh seorang pengemudi truk Yogyakarta.

Godam adalah tokoh utama dalam seri komik pahlawan super karya Widodo Noor Slamet alias Wid N.S. Tokoh berkostum biru merah dan bergaya klimis mirip Superman ini pertama muncul dalam ‘Dr. Setan’ terbitan Kentjana Agung, 1969 silam.

Laman International Superhero menyebut Godam adalah anak panglima negeri Godam, dunia di bawah kekuasaan tiran Ratu Chandalani. Ayah Godam dituduh memberontak dan terpaksa kabur menyelamatkan diri. Dalam pelarian, dia terpaksa melempar anaknya ke sungai.

Pemimpin pemberontak Gedibalbanda menemukan dan merawat bayi yang dia namai Godam tersebut. Setelah Gedibalbanda dibunuh, Godam pergi ke istana dan merebut sejumlah perlengkapan ajaib yang dapat menambah kekuatannya seperti baju sakti yang bisa menjadikannya sangat kuat dan kebal dan kain bendera yang membuatnya bisa terbang.

Godam berhasil menundukkan putra Chandalani yang memutuskan bunuh diri setelah kalah. Dewi Pengasuh Sukma menuduh Godam membunuh putra Chandalani dan memenjarakannya dalam cincin ajaib. Saudara Dewi Pengasuh Sukma, Bapa Kebenaran mengirim cincin tersebut ke bumi dan memilih Awang, seorang pengemudi truk di Yogyakarta, Indonesia untuk menjadi perwujudan roh Godam.

Musuh bebuyutan Godam adalah Roh Doktor Setan yang berwujud kalung berliontin batu permata. Perseteruan mereka dimulai sebelum Awang berbagi tubuh dengan Godam. Musuh-musuhnya yang lain adalah Sang Kolektor, Bocah Atlantis, G.A.S (Gabungan Anti Superhero), Mpu Selamawa, dan Kelompok Kucing Merah.

Seperti diungkapkan Hasmi, pencipta komik Gundala, karakter Godam adalah karya Wid N.S, yang kadangkala muncul di serial Gundala. “Kami kerap bertukar karakter,” ujar Hasmi, awal November 2009 di Yogyakarta.

Almarhum Wid NS adalah salah satu rekan yang memberi dorongan bagi Hasmi menciptakan Gundala.

• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s