Wow… MUI Malang Selesaikan 10 Kasus Aliran Sesat

Posted: November 9, 2009 in Iseng2

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Malang, Jawa Timur, pada tahun 2009, telah berhasil menyelesaikan 10 kasus penodaan agama atau “aliran sesat” dari ratusan aliran yang berada di Kota Malang.

Sekretaris MUI Kota Malang, Nidzom Hidayatullah, Senin (9/11), mengatakan, penyelesaian kasus penodaan agama itu, dilakukan secara hukum serta diajukkan ke pengadilan, sehingga 10 aliran yang dikatakan sesat ini, tidak akan muncul lagi di Kota Malang.

“Salah satu kasusnya, yakni kasus aliran Pondok Itikaf Jamaah Ngaji Lelaku, Mochammad Yusman Roy, dan Roy berjanji tidak akan mengulangi perbuatan itu lagi,” katanya.

Dikatakan Nidzom, salah satu kriteria MUI Kota Malang mengenai penodaan agama, yakni apabila aliran itu menyimpang dari Alquran dan Hadis, serta meresahkan masyarakat setempat.

Sementara, kasus penodaan agama di Kota Malang, selalu bisa diprediksi munculnya, karena biasanya muncul untuk mengalihkan isu nasional yang berkembang, seperti permasalahan politik, atau mengenai kenegaraan. Oleh karena itu, MUI Kota Malang dalam penyelesaiannya selalu menggunakan komunikasi terlebih dahulu, agar tidak terjadi kekerasan serta tindakan “anarki” yang dilakukan masyarakat yang merasa terganggu.

Nidhom menjelaskan, di Kota Malang sebenarnya terdapat ratusan aliran, namun hal itu tidak menjadi masalah jika tidak menganggu keberadaan ummat yang lain. “Masalah penodaan agama selalu muncul saat adanya isu politik, hal ini merupakan “settingan”,” Kata Nidhom.

Untuk itu, MUI Kota Malang berharap agar masyarakat tidak terpancing dengan adanya sejumlah oknum yang sengaja mengangkat persoalan isu penodaan agama di Kota Malang.
Agar tidak terjadi kekacauan di sekitar masyarakat, apalagi jika nantinya menimbulkan perpecahan di segolongan ummat.

“Saya harap, masyarakat jangan sampai tepancing sejumlah isu mengenai penodaan agama, sebab akan merugikan masyarakat sendiri,” katanya. (republika)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s