Produk Telekomunikasi Dominasi Belanja Iklan di Media

Posted: November 6, 2009 in Iseng2

Diperkirakan, belanja iklan di media massa hingga akhir tahun 2009 akan mencapai angka Rp 50 triliun. Perkiraan tersebut didasarkan oleh survey yang dilakukan Nielsen Company Indonesia.

Nielsen sendiri telah melakukan penelitian pada 24 stasiun televisi, 103 koran, dan 165 majalah serta tabloid. Dari penelitian tersebut, selama sembilan bulan pertama tahun ini, total belanja iklan mencapai Rp 35,5 triliun. Angka itu di luar iklan baris, diskon dan promo.

Ika Jatmikasari, Associate Director Client Service Nielsen Media Indonesia menuturkan, setiap tahun, tren belanja iklan mengalami puncak di kuartal ketiga dan mengalami penurunan di tiga bulan terakhir.

“Tiga bulan terakhir, biasanya belanja iklan mencapai sebesar 30 persen dari total belanja iklan dalam setahun,” ucap Ika di Jakarta, 5 November 2009.

Lebih rinci, Ika menjelaskan, sepuluh produk yang memberi kontribusi terbesar belanja iklan di media massa dan televisi pada kuartal ketiga di antaranya, iklan calon Presiden dan Wakil Presiden (Rp 308 miliar), Axis (Rp 292 miliar), Partai Golkar (Rp 273 miliar), Excelcomindo (Rp 261 miliar), Three (Rp 243 miliar), Indosat (Rp 234 miliar), Telkomsel (Rp 218 miliar), Aqua (Rp 211 miliar), Mobile 8 (Rp 177 miliar), dan Shampoo Clear (Rp 177 miliar).

“Produk telekomunikasi mendominasi belanja iklan di media, selain iklan politik dan pemerintahan,” kata Ika. “Belanja iklan kategori telekomunikasi pada kuartal ketiga mencapai Rp 2,867 triliun,” ucapnya.

• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s