Awas, Undangan Google Wave Palsu

Posted: November 6, 2009 in Iseng2

VIVAnews – Google Wave adalah sebuah tool online baru dari Google yang digunakan untuk berkomunikasi dan berkolaborasi secara langsung (real-time). Saat ini, pengguna perlu mendapatkan undangan agar dapat bergabung dengan layanan tersebut.

Scammer memanfaatkan hal ini dengan berusaha mengambil keuntungan dari kepopuleran Google Wave saat ini. Status Google sebagai brand yang terpercaya sangat membantu untuk mempromosikan malware mereka pada korban yang tidak waspada.

Dari catatan Symantec Security Response yang VIVAnews kutip, 6 November 2009, Symantec telah mendeteksi adanya kampanye yang menjebak orang yang ingin masuk kedalam komunitas Google Wave.

Tidak hanya aplikasi yang bisa menghasilkan undangan Google Wave, tetapi scammer juga menjanjikan uang yang banyak dengan menjual undangan ini kepada orang lain yang ingin mencoba Google Wave. Faktanya, aplikasi yang dijanjikan ini tidak berguna dan sebenarnya adalah malware.

Untuk berpromosi, scammer memanfaatkan forum-forum di web. Jika pengguna mendownload ‘software pembuat undangan’ tersebut, sebenarnya ia mendownload malware yang terdeteksi sebagai Backdoor.Tidserv. Selain di forum, para penipu juga menyebarkan ‘undangan’ tersebut lewat Twitter.

Goggle Wave dipilih sebagai umpan karena popularitasnya saat ini. “Menggunakan brand yang terpercaya seperti ini juga meningkatkan peluang sukses bagi penyerang,” kata juru bicara Symantec. “Teknik ini merupakan sesuatu yang para penjahat cyber gunakan setiap waktu dan pengguna harusnya jangan mudah percaya – jika sesuatu nampak seperti mustahil, maka itu memang tidak benar,” ucapnya.

Meski demikian, Symantec menyebutkan, pengguna yang memiliki antivirus yang up to date dapat terlindungi dari serangan ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s