Pengusaha Warnet Keluhkan Hotspot

Posted: November 3, 2009 in Iseng2

Beberapa warung internet (warnet) yang ada di Kota Semarang mengeluhkan semakin banyak hotspot di tempat publik telah memicu penurunan pendapatan.

Salah seorang pemilik Warnet Spyder-net di daerah Citarum Semarang, Junaidi, Senin, mengatakan pendapatan usahanya mengalami penurunan hampir lima puluh persen. Penurunan itu beberapa bulan sejak banyak bermunculan hotspot di tempat umum seperti di kafe, hotel, dan restoran.

“Sebelum trend hotspot ada, warnet saya dapat meraih pendapatan sekitar Rp1,7 juta setiap harinya yang selamatiga shift,” katanya.

Menurut Junaidi, konsumen sekarang lebih memilih mengakses internet di tempat-tempat yang terdapat hotspot karena selain lebih murah dan lebih cepat, juga mengikuti trend yang ada saat ini.

Seorang operator Warnet Jibiyu di Jalan Hayam Wuruk Semarang, Nita mengatakan untuk menyiasati agar para pelanggan warnet tidak beralih mengakses internet di tempat-tempat yang terdapat hotspot maka pihaknya berusaha memberikan beberapa fasilitas tambahan.

“Selain penambahan fasilitas dengan mempercepat koneksi internet, kami juga menambah jam operasional selama 24 jam,” ujarnya.

Dengan beberapa penambahan tersebut, diharapkan akan memudahkan dan memanjakan konsumen yang terdiri dari beberapa kalangan.

Dia mengatakan, waktu operasional warnet 24 jam atau nonstop merupakan nilai tambah dalam menjaring konsumen pengguna internet.

“Beberapa pelanggan banyak menghabiskan waktu untuk mengakses internet pada waktu-waktu di luar jam kerja atau larut malam,” katanya.

Sementara itu, seorang teknisi Warnet Centro yang terletak di Jalan Majapahit Semarang, mengaku tetap optimis bisnis warnet mempunyai pasar tersendiri.

Pemasangan hotspot di beberapa tempat umum memang memberikan dampak pada penurunan pendapatan, namun hal tersebut dinilai tidak terlalu signifikan.

“Tidak semua pengguna internet memiliki perangkat yang dapat mengakses internet dengan bantuan hotspot sehingga masih tetap membutuhkan warnet,” ujarnya. (inilah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s