Wow… Kaskus Catat 15 Juta Pageview Per Hari

Posted: Oktober 30, 2009 in Iseng2

Trafik naik 10-20% per bulan. Dibanding tahun lalu, pertumbuhannya nyaris lima kali lipat.

Kaskus, forum diskusi online yang lahir 10 tahun lalu, dibesut oleh tiga pemuda asal Indonesia yang sedang melanjutkan studi di Seattle, AS. Kini komunitas tersebut telah menjadi ‘raksasa’. Bagaimana tidak, kini Kaskus menjadi website lokal terbaik versi Alexa dengan kurang lebih 15 juta pageview per harinya.

Hal itu diamini Andrew Darwis, pendiri, CTO, sekaligus administrator Kaskus, di sela bincang-bincang dengan VIVAnews di Jakarta, 29 Oktober 2009. “Sekarang ini, kita bisa mendapat 15 juta page views per hari. Sementara untuk unique visitor, bisa mencapai 4,9 juta per bulannya,” ucapnya.

Andrew menuturkan, trafik Kaskus tercatat meningkat 10-20 persen tiap bulannya. “Kalau dibandingkan tahun lalu, tumbuhnya bisa hampir 400 persen alias lima kali lipat,” kata Andrew.

Tentu saja, Andrew sebagai salah satu pendirinya, tidak rela anggota forum diskusinya kecewa karena pertumbuhan pesat trafik Kaskus tidak dibarengi infrastruktur yang mumpuni. Karena itu, beberapa minggu lalu, Andrew beserta timnya memesan empat webserver baru untuk mempercepat akses halaman Kaskus.

“Traffic kita meningkat sangat pesat. Jadi, sekarang ini kita dikejar-kejar sama traffik. Harus bergerak cepat supaya performa server Kaskus tetap terjaga. Makanya, kita pesan server dari jauh-jauh hari,” ucap Andrew yang akrab disapa ‘mimin’ di dalam forumnya.

Menurut data yang dikoleksi VIVAnews, Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, kini beranggotakan lebih dari 1 juta member, yang tak hanya berdomisili dari Indonesia, tetapi juga negara-negara lain.

Saat ini, setidak-tidaknya Kaskus dimampiri oleh 600.000 orang yang menghasilkan 15 juta page view tersebut.

Forum Diskusi Terbesar di Indonesia

Forum diskusi online terbesar di Indonesia, Kaskus, baru saja menambah servernya dengan empat webserver Supermicro untuk memperkuat infrastrukturnya. Dengan bertambahnya empat server baru, Kaskus kini memiliki 28 server yang akan melayani Kaskuser, sebutan bagi pengguna Kaskus.

Namun demikian, hingga hari ini, baru dua server yang diimplementasikan. “Masih ada sisa dua server lagi yang harus dideploy,” kata Andrew Darwis, pendiri sekaligus CTO Kaskus saat diwawancarai VIVAnews di Jakarta, 29 Oktober 2009. “Yang baru live hari ini baru dua webserver,” ucapnya.

Andrew mengaku, tidak ada kendala berarti untuk implementasi dua server lainnya, melainkan masalah waktu. “Belum sempat. Karena kita harus menginstalnya satu persatu, lalu di-tweak, dan optimize,” ucap Andrew.

Adapun empat webserver yang dibeli Kaskus tersebut berfungsi untuk menyimpan halaman-halaman Kaskus. Dampaknya bagi Kaskuser, kecepatan akses dalam membuka halaman Kaskus menjadi lebih cepat.

“Jadi, webserver itu meng-cluster atau menyebar trafik pengunjungnya, dari yang tadinya hanya ditangani satu server, kini disebar ke 26 server. Dengan begitu, kinerja server bisa lebih optimal,” kata Andrew. “Dan, keseluruhan server itu adalah server fisik, bukan virtual server,” ucapnya.

Dengan bertambahnya empat webserver baru tersebut, yang mana dua di antaranya telah live sejak pagi ini, Kaskus kini memiliki 26 server aktif. Untuk database, Kaskus menggunakan server besutan Sun Microsystems. Sementara yang lainnya, menggunakan Dell dan Supermicro.

Andrew juga menuturkan bahwa penambahan webserver ini untuk menjaga kualitas akses Kaskus seiring pesatnya pertumbuhan trafik Kaskus yang disebutkan telah mencapai 400 persen dibandingkan tahun 2008.

• VIVAnews

Komentar
  1. izmoend mengatakan:

    kaskus masih menempati urutan 8 alexa, jauh di bawah FB. Malah FB berada di puncak, mangalahkan trafiknya google.

    Reply : thanks atas infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s