Internet Masuki Perubahan Terbesar

Posted: Oktober 29, 2009 in Iseng2

Internet siap memasuki salah satu perubahan terbesar dalam empat dasawarsa terakhir, dengan perubahan nama domain internasional dari bahasa Inggris menjadi bahasa lain.

Internet Corporation for Assigned Names and Numbers, (ICANN) organisasi nirlaba yang mengawasi nama domain, mengadakan pertemuan pekan ini di Seoul.

Lembaga itu mengawasi nama domain yang berupa panggilan di setiap situs web, email dan posting Twitter, seperti “.Com” dan akhiran lainnya.

Salah satu masalah utama yang dicermati dewan direksi ICANN pada pertemuan minggu ini adalah apakah untuk pertama kalinya akan memperbolehkan seluruh alamat Internet menggunakan huruf lain selain latin.

Hal ini berpotensi membuka web lebih banyak bagi orang di seluruh dunia dengan karakter alamat yang beragam seperti Arab, Korea, Jepang, Yunani, Hindi dan Cyrillic (tulisan Rusia).

“Ini adalah perubahan terbesar secara teknis pada internet sejak diciptakan 40 tahun lalu,” kata Petrus Dengate Thrush, ketua dewan ICANN. Dia juga mengharapkan dewan dapat memberikan persetujuan pada hari Jumat, hari terakhir dalam konferensi.

Cikal bakal internet bermula pada eksperimen disebuah universitas Amerika pada tahun 1969. Namun baru di tahun 1990-an penggunaannya mulai meluas di kalangan luar akademis dan institusi penelitian publik.

Rod Beckstrom, presiden dan CEO baru ICANN mengatakan bahwa jika perubahan itu disetujui, maka lembaga itu akan mulai menerima lamaran nama domain non-Inggris. Entri pertama dalam sistem kemungkinan akan terjadi di sekitar pertengahan tahun 2010.

Dari 1,6 miliar pengguna internet di seluruh dunia, Beckstrom yang mantan kepala cybersecurity AS itu mengatakan lebih dari setengahnya menggunakan bahasa yang menggunakan huruf abjad selain bahasa Latin. [inilah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s