Rekor Bikin Situs Terbanyak Pecah

Posted: Oktober 26, 2009 in Iseng2

Sebanyak 100 situs berhasil dibuat dalam waktu kurang dari 30 menit oleh 100 orang. Hasil tersebut dicatat oleh MURI untuk kategori pembuatan website terbanyak dalam waktu tercepat.

Dalam acara Better Life Seminar 2009 yang diselenggarakan oleh Flexter, Minggu (25/10/2009) malam, sebanyak 100 orang siswa dan siswi dari SMK 14 Kota Bandung menunjukan kebolehannya membuat dan mendesain situs dengan aplikasi Web4instan buatan tim Flexter.

“Ini (pemecahan rekor – red) beranjak dari kebutuhan industri yang ingin buat website dengan mudah dan murah serta tidak melibatkan pihak ketiga atau bisa dibuat sendiri,” ujar Hendrayana dari Flexter menjelaskan maksud acara tersebut.

Tak hanya terbanyak, MURI juga mencatat rekor pembuatan web tercepat yakni 4 menit 30 detik. Nurul Rochmanisah Rosadi, siswi kelas 3 Seni Rupa ini berhasil membuat situs http://www.bayibutik.net dalam waktu singkat.

“Mudah saja. Tinggal ikuti langkah-langkahnya. Ada 5 langkah,” kata Nurul menjelaskan kecepatannya dalam membuat situs. Sedangkan situs bayibutik sendiri
merupakan pesanan dari member Flexter.

Di tempat yang sama, Sutikno Susilo, Direktur MURI mengaku bahwa untuk rekor pembuatan website tercepat dan terbanyak belum pernah ada sebelumnya. Dan acara tersebut menurutnya layak mendapatkan penghargaan dan dicatat dalam MURI. Walaupun sejatinya, para peserta hanya tinggal mengikuti langkah-langkah yang sudah ada.

“Layak sekali. Selama ini pembuatan website selalu butuh waktu. Tapi saat ini dibuktikan bahwa dengan cepat sebuah website bisa dibuat. Walaupun memang menggunakan software, tapi untuk kuantiti ini adalah rekor,” ujarnya terkagum-kagum.

web4instan sendiri adalah satu aplikasi full integrasi yang memiliki 6 engine serta familiar dengan google engine. “Ada 6 engine, 4 diantaranya adalah buatan kami sendiri. Sedangkan 2 lainnya adalah Joomla dan WordPress. Dua engine yang cukup familiar dan banyak dipergunakan oleh web developmen,” ungkapnya.

Keempat engine buatan sendiri tersebut adalah C2MS (custom content management system) Chart yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi toko online, C2MS Light bisa digunakan untuk membuat korporat web, C2MS Liquid untuk mendesain web dengan ragam animasi atau flash, serta yang terakhir adalah C2MS Flexlight yang khusus didesain untuk memenuhi kebutuhan member Flexter untuk melakukan transaksi ataupun untuk merekrut member Flexter melalui website.

Ditanya mengenai harga jual aplikasi tersebut, Hendrayana mengaku tidak menjual secara umum di luar member Flexter. Namun dengan membeli aplikasi tersebut maka secara otomatis akan terdaftar sebagai member.

“Untuk personal member itu seharga Rp 550 ribu. Sedangkan untuk korporat member itu ada yang Rp 1,1 juta dan Rp 2 juta,” katanya.

Saat ini sudah ada 2.000 situs yang dibuat dengan menggunakan aplikasi yang dibangun sejak 2 tahun silam. “Web4instan dibuat untuk simple. Menggunakan CMS standar untuk belajar sendiri,” katanya berpromosi. (detik)

Komentar
  1. webforinternational mengatakan:

    Sukses Muri. Dapatkan paket web4instant, dengan engine liquid, lite, chart, joomla dan wordpress di http://www.webforinternational.com

  2. prince kartiwa mengatakan:

    artikel yang menarik…nambah ilmu baru nih..

    http://hulkwebhost.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s