Hosting Gratis Yahoo Geocities Tinggal Sejarah

Posted: Oktober 26, 2009 in Iseng2, Web Hosting

Setelah beberapa situs populer tutup layanan, Yahoo mengumumkan 23 April lalu bahwa mereka akan menyudahi fasilitas gratis Geocities. Setelah itu, Yahoo sebagai pemilik akan menutup secara permanen layanan tersebut 26 Oktober 2009.

Geocities, salah satu situs yang memberikan hosting gratis berdiri 1994 silam. Dalam layanan itu, setiap user bebas meng-upload file homepagenya dan langsung bisa diakses.

Selain itu, Geocities juga menjadi situs hosting gratis pertama yang membebaskan penggunanya untuk bebas memilih kategori situs yang akan dibuat.

Namun seiring berkibarnya nama Geocities di Internet, beberapa situs hosting gratis pun bertebaran dan perkembangannya pun terbilang kompleks.

Dengan ditutupnya Geocities salah satu sejarah dunia internet akan hilang untuk selamanya.

Akan tetapi masalah itu terselesaikan ketika di tahun 1999, Yahoo mengakuisisinya dengan membeli sahamnya sebesar $3.57 miliar (Rp. 29 triliun) dan persaingan pun semakin meluas.

Usai resmi menjadi bagian dari Yahoo, para pemilik email Yahoo pun bisa memanfaatkan layanan ini dengan mudah dan cepat. Dengan demikian, bisa dibilang, pengguna Yahoo mayoritas memiliki homepage pribadi.

Meski begitu, persaingan bisnis tetap terjadi, tepat 23 April lalu, pihak Yahoo secara resmi mengumumkan untuk menutup fasilitasnya tersebut. Termasuk menutup pendaftaran untuk pengguna baru. Untuk menuntaskannya, pada 26 Oktober 2009 besok, semua file yang di upload user akan di hapus secara total.

Adalah Jason Scott, salah satu karyawan Yahoo yang bertugas mem-back-up data yang mengaku tidak kenal lelah menyelamatkan file user yang mencapai 10 Terabyte.

“Untuk ratusan orang, ini adalah situs pertama mereka,” kata Scott, seperti VIVAnews kutip dari Neowin, 25 Oktober 2009. “Subyek favorit, teori konspirasi atau koleksi tulisan yang pernah dibuat seputar Windows 3.1, menjadi sesuatu yang bisa disampaikan pada pengguna internet lainnya. Hanya dengan memberikan URL, mereka bisa melihat semua harta benda Anda,” ucapnya.

Dengan ditutupnya Geocities, salah satu sejarah dunia internet akan hilang untuk selamanya.

• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s