Menyembunyikan File Penting Dengan Menggunakan Sebuah Gambar

Posted: September 16, 2009 in Hacking

Kali ini Tips dan Trik Komputer akan memberikan sedikit trik untuk menyembunyikan file rahasia dengan menggunakan sebuah gambar. Menyembunyikan file rahasia dengan menggunakan sebuah gambar? Maksudnya apa? Mungkin untuk beberapa orang menyembunyikan file rahasia dengan menggunakan sebuah gambar itu merupakan trik yang tidak berguna dan hanya buang-buang waktu saja. Tapi tidak begitu dengan orang-orang yang mungkin menggunakan komputer rama-rame (numpang maksudnya :D), mungkin trik menyembunyikan file rahasia dengan menggunakan sebuah gambar ini bisa jadi sangat berguna loh. Bisa saja kan kita punya file-file rahasia yang kita tidak mau orang lain bisa mengakses file tersebut. Seperti file skripsi, kumpulan password, mungkin juga tagihan hutang, hehe.

OK langsung saja saya jelaskan apa yang dimaksud dengan menyembunyikan file rahasia dengan menggunakan sebuah gambar. Mungkin dengan mudahnya kita misalkan saja. Misalkan kita punya file X. Kita tidak mau file X ini dibuka oleh orang lain. Sebenarnya banyak cara untuk melakukan itu. Misalnya dengan password, atau dengan software yang bisa mengunci atau menyembunyikan file tersebut. Tetapi cara itu terlalu ribet dan kita masih harus cari programnya untuk menyembunyikan file rahasia kita. Cara yang termudah yaitu dengan menyembunyikan file rahasia dengan menggunakan sebuah gambar. Dengan cara ini kita harus punya sebuah file gambar Y untuk menyembunyikan file X. Artiny file X kita akan sembunyi di bawah gambar Y. Jadi seperti ini deh Y(X).

Bingung langung ya? Supaya tidak bingung kita langsung saja praktek bagaimana untuk menyembunyikan file rahasia dengan menggunakan sebuah gambar. menyembunyikan file rahasia dengan menggunakan sebuah gambar tidaklah begitu sulit. Hanya membutuhkan beberapa klik dan dan ketikan comment / perintah di Dos promt. Dosnya bisa pakai versi apa saja dari Windows kamu. Kalau sekarang saya akan memakai DOS dari Windows Vista.

Cara menyembunyikan file rahasia dengan menggunakan sebuah gambar ini cukup keren dan sangat menarik. Karena file yang sembunyikan hidden tetap berada di balik gambar yang kita siapkan sebelumnya. Bagaimana kita mengembalikan file ini kedalam keadaan semula sehingga dapat di akses dan di lihat kembali. Jangan khawatir satu persatu kita bahas kelak.

Peralatan yang di butuhkan utuk menyembunyikan file rahasia dengan menggunakan sebuah gambar yaitu:

* Winzip atau winrar terserah versi berapa mau full version atau trial tidak masalah. Mau pakai software compress bawaan windows juga bisa. Kali ini saya akan memakai Winrar. Karena kebetulan yang ada di komputer saya adalah Winrar.
* Sebuah fele gambar formatnya terserah apa aja bisa. Saya pakai jpg saja yah. Nama filenya sister.jpg
* Yang paling penting tentunya file file yang akan di sembunyikan di belakang gambar.
* Tentu saja pengetahuan comment dos sedikit saja. Bila tidak mengerti ikuti saja pelan pelan tutorial ini saya ketikkan kok perintah yang di di pakai.

Cukup itu saja peralatannya. Langkah-langkah untuk menyembunyikan file rahasia dengan menggunakan sebuah gambar sebagai berikut :

1. Buat sebuah folder dengan nama yang anda sukai. Dalam contoh ini saya kasih nama foldernya rahasia dan di letakkan di drive E:\ nah drive ini pun terserah kamu mau di D:\ atau E:\ Atau F:\ terserah dimana selama drive itu ada di Komputer yang kamu gunakan. Yang belum tau buat folder caranya yaitu:

* Buka windows explorer (yang paling gampang tekan logo windows + huruf E di keyboard)
* Klik sekali localdisk E:\
* Klik Kanan Pilih NEW —->> FOLDER
* Ubah nama New Folder yang baru di buat jadi nama rahasia

2. Double klik file rahasia dan copy kan semua file yang ingin di sembunyikan di belakang gambar kedalam folder rahasia tersebut.

3. Gabungkan semua File yang ingin di sembunyikan dengan menggunakan kemampuan winzip atau winrar sehingga tercipta satu file baru berextensi .zip atau .rar. Caranya :

* Sorot semua file yang akan disembunyikan.
* Klik kanan di file tersebut pilih Add to “rahasia.rar”
* Maka akan muncul file rahasia.rar

1

4. Nama tadi boleh di-rename dengan catatan catatan jangan hilangkan exrensi zip atau rar nya.

5. Selanjutnya masuk DOS. Klik tombol START —>> pilih RUN —>> Ketikkan cmd dan tekan Enter di keyboard.

2

6. Sekarang yang tampil adalah consol Dos nya Windows. Kemudian dari DOS tersebut kita pindah folder ke tempat kita akan praktek menyembunyikan file rahasia. File rahasia kita tadi ada di folder rahasia di Drive E:/. Oleh karena itu kita harus pindah ke drive E:/ dengan mengetikkan perintah “e:” (tanpa tanda petik) kemudian Enter.

3

7. Untuk masuk ke folder rahasia ketiklah perintah “cd rahasia” (tanpa tanda petik) kemudian tekan Enter. Sekarang kita ada di folder E:/rahasia/

5

8. Nah sekarang acara inti ni dari trik menyembunyikan file rahasia dengan menggunakan sebuah gambar. Kamu ketik aja perintah berikut :
copy /B sister.jpg + rahasia.rar hasil.jpg kemudian enter

6

Keterangan:

* sister.jpg adalah file gambar sebagai tempat sembunyi.
* rahasia.rar adalah file rahasia kita yang mau kita sembunyikan.
* hasil.jpg adalah file gambar gambar hasil yang didalamnya ada file yang disembunyikan. Silahkan dikasih nama terserah.

7jpg

Beres deh. Di folder rahasia pasti muncul file baru hasil.jpg

8

Coba kita klik 2x gambar hasil.jpg yang dihasilkan dari proses barusan! Pasti akan terbuka file gambar yang kita pakai untuk menyembunyikan file rahasia kita tadi..

ahlul cute

Trus bagaimana cara kita membuka file kita? Jangan khawatir file kita tidak hilang. Untuk membukanya kita harus masuk ke Winrar. Kita Masuk ke folder E:/rahasia/ yang tadi kita buat sebagai tempat praktek:

9

Nah di folder itu ada hasil.jpg kan? Klik 2x saja maka kita akan bisa membuka file-fali rahasia kita. Yah disana kita bisa extrakt atau langsung membukanya.

10

Beres deh trik untuk menyembunyikan file rahasia dengan menggunakan sebuah gambar. Gampang sekali kan. Silahkan dicoba.. Kalau ada yang bingung silahkan bertanya.

Catatan :

1. File yang disembunyikan harus dipaketkan dalam format zip/rar terlebih dahulu. Karena kalau tidak dipaketkan dulu maka kemungkinannya file tersebut akan rusak. Misalkkan kita langsung menyembunyikan file dokumen untitled.doc ke file gambar. Proses seperti daiatas pasti juga berhasil, tetapi dijamin file untitled.doc yang ada di bawah gambar tersebut tidak akan bisa dibuka. Silahkan dicoba saja,hehe.
2. Untuk menembunyikan file sebaiknya liat dulu ukuran file yang akan disembunyikan. Jangan menyembunyikan file berukuran 20 Mb ke file gambar yang hanya 128×128 px. Pasti mencurigakan hasilnya.
3. Hasil dari gambar yang sudah di sisipi file rahasia jangan sampai melewati proses editing gambar memakai software apa saja, kalau samapai di edit maka file rahasianya akan rusak.

Selamat mencoba ya trik untuk menyembunyikan file rahasia dengan menggunakan sebuah gambar…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s